Minggu, 26 Maret 2017

Potensi di Kota Cimahi



Sumber Daya Manusia

Jumlah penduduk Kota Cimahi merupakan salah satu dari keunggulan komparatif yang dimiliki Kota Cimahi sebagai sumber daya manusia baik sebagai tenaga kerja maupun potensi konsumen terhadap produk-produk industri kreatif. Dari struktur kependudukan, sebagian besar penduduk Kota Cimahi berada pada usia kerja dan sekitar dua pertiganya termasuk dalam angkatan kerja.

Industri Kreatif

Kota Cimahi tidak memiliki sumber daya alam, namun Kota Cimahi memiliki potensi sumber daya manusia yang dapat diberdayakan untuk menjadi enterpreneur dan insan-insan yang kreatif yang merupakan keunggulan dari Kota Cimahi. Penguatan daya saing perekonomian kota akan dilakukan dengan mengembangkan potensi lokal berbasiskan klaster industri.  


Dalam upaya peningkatan daya saing daerah, pada tahun 2011 Pemerintah Kota Cimahi telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menggali potensi lokal yang ada di Cimahi. Pemerintah Kota Cimahi telah bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) telah menyusun Strategi Inovasi Daerah (SID). Dokumen SID yang telah disusun tersebut baru merupakan strategi pengembangan klaster industri animasi dan film di Kota Cimahi. Dokumen SID yang ada baru merupakan SID per sektor dan belum mencakup strategi pengembangan klaster industri lainnya diantaranya Klaster Industri Makanan dan Minuman, Klaster Industri Tekstik dan Produk Tekstil, dan Klaster Industri Kerajinan (kraft)  sebagaimana melalui kegiatan USDRP tahun 2011 telah melakukan identifikasi potensi lokal menunjukkan 4 klaster industri yang menjadi potensi ekonomi Kota Cimahi.




Prasarana dan Sarana

Untuk sarana dan prasarana pelayanan publik pada saat ini cukup memadai, namun masih diperlukan peningkatan. Untuk sarana perdagangan, pada tahun 2010 telah dilaksanakan penyempurnaan pembangunan Pasar Atas Baru, penataan dan pembangunan pasar-pasar tradisional. Sementara itu, gedung Baros Information Technology Creative (BITC) telah siap untuk dipergunakan untuk menampung kegiatan-kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan pengembangan IT dan industri kreatif dalam rangka perwujudan Cimahi Cyber Creative City. 

Pariwisata

Tantangan pengembangan pariwisata dua puluh tahun mendatang adalah mewujudkan Kota Cimahi sebagai daerah kunjungan wisata. Potensi wisata Kota Cimahi cukup banyak dengan objek wisata yang variatif. Guna mendukung pertumbuhan wisatawan ke Kota Cimahi, maka pengembangan pariwisata difokuskan pada pengembangan daya tarik wisata yang berakar pada potensi Kota Cimahi yang didukung oleh kompetensi sumber daya manusia, pengelola daya tarik wisata dan fasilitas penunjang wisata.

Sumber: RPJM Daerah Kota Cimahi 2012-2017

0 komentar:

Posting Komentar